User Interface Yang Menarik Pada Website Lion Air

Ini adalah blog pertama saya. Disini saya akan mengambil mengambil contoh analisis pada website LION AIR (https://secure2.lionair.co.id/lionairibe/ ) khususnya dalam melakukan pemesanan tiket online. Analisis web ini terdiri dari beberapa tahapan, yaitu :

1. Tahapan cari.

Secara umum web ini memiliki user interface menarik karena sebagai user yang terbiasa melakukan pemesanan tiket online dan user pemula tidak terlalu susah untuk digunakan. Menurut saya dalam hal pemilihan warna user interface sudah bagus dan menarik selain kombinasi warnanya yang sesuai dan mencerminkan perusahaan Lion Air  itu sendiri yang identtik dengan warna putih dan merah. Hanya menurut saya ada hal yang harus diperbaiki sedikit dalam menentukan asal keberangkatan dan tujuan keberangkatan seharusnya diberi label. Dalam pemesanan yang terdiri dari cari, pilih pesan, dan konfirmasi ini mudah dipahami karena sudah ditandai.

tahapan cari

pemilihan jadwal tiket

2. Tahapan pilih

Dalam tahapan ini informasi yang diberikan sudah jelas. Sebagai user kita dapat memilih rincian  jadwal keberangkatan sesuai dengan kebutuhan dan kelebihan lain yang menurut saya sangat penting adalah informasi tarif yang harus dibayar. Hanya ada hal yang membuat  saya agak bertanya apa fungsi dari petunjuk harga.  Sebaiknya dalam hal ini apabila tidak berguna dihilangkan saja karena untuk mengurangi rasa ketidakamanan dan kebingungan pada pengguna

tahapan pilih

Tahapan pemilihan tiket

tahapan pilih

pemilihan harga tiket

3. Tahapan pesan

Dalam tahapan ini ditampilkan rincian informasi yang dipilih dari tahapan sebelumnya. Dan pengisian formulir untuk data pribadi kita, ada hal yang menurut saya tidak perlu ditampilkan kembali, yaitu rincian tarif karena pada tahapan sebelumnya ini sudah jelas informasinya. Disini juga ditampilkan informasi sisa waktu yang terisisa pada saat pengisian formulir. Saya berfikir ini dilakukan, sebagai:

  • Keamanan yaitu untuk melindungi user dari akses yang tidak diinginkan atau berbahaya bagi user.
  • Integritas data: untuk menghindari kesalahan yang disengaja ataupun tidak disengaja.

tahapan pesan

pemesanan tiket

tahapan esan

pemesanan tiket

informasi

informasi

4. Tahapan konfirmasi

Ini adalah tahapan terakhir yang sangat pentig karena disini akan diberikan informasi kepada user, kode pembayaran atm untuk mentransfer uang. Salah satu kriteria user friendly dalah konsistensi, dalam web ini saya merasa agak kurang konsisten dalam bahasa yang digunakan. Dibeberapa hal seperti itinerary yang dalam bahasa Indonesia adalah rencana perjalan, economy (ekonomi), business (bisnis), serta kata detail dan rincian yag memilki arti yang sama.

tahapan konfirmasi

konfirmasi tiket

Demikian analisis singkat dari saya sebuah user interface yang menarik. Saya berharap untuk selanjutnya banyak situs–situs maskapai penerbangan yang menarik dan friendly bagi user.

Posted in IMK